-->

Sabtu, 21 Juli 2012

Tips Kuat dan Tahan Puasa


Yay!! sekarang dah hari pertama bulan Ramadan, berarti puasa juga udah mulai. ngomongin tentang puasa, pasti hari-hari pertama lumayan berat karena belum biasa. Nah, kali ini saya mau bagi-bagi tips untuk menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Ini versi THEguh lho, berfungsi dengan baik pada saya, tapi gak tau kalau pada anda. Tapi, g da salahnya dicoba kan?

Ini dia Tipsnya:

1. Niat
Niat yang saya maksud di sini bukan cuma baca niat Nawaitu. tapi, juga niat dari hati kalau kita memang ingin puasa. biasanya saya bisa lebih kuat puasanya kalau sudah niat dari hati.

2. Berada di tempat sejuk dan adem
Yang ini biasanya sudah pernah mengalaminya, bahkan sebelum puasa. kalau sedang di tempat yang dingin atau sejuk, biasanya kita jadi gak gampang haus. Jadi, pas puasa cari tempat yang sejuk ya... misalnya di tempat yang masih banyak pohonnya, atau di ruang AC walau pun saya kurang seneng AC. Pokonya cari tempat sejuk biar kuat puasa sampe sore.

3. Think positive atau berfikir positif
Percayalah bahwa Anda kuat berpuasa sampai saat berbuka nanti. yap, itu harus tertanam dalam pikiran kita supaya gak mudah nyerah.

4. Melupakan waktu dengan hobi
Pernahkan anda mendengar bahwa suatu aktifitas dapat membuat anda lupa waktu? Cobalah ingat-ingat dan temukan apakah itu? Bila aktifitas atau kegiatan itu halal dilakukan di bulan puasa maka laksanakanlah. Contohnya seperti main game, main musik, ngeblog seperti saya, maen internet, dengerin musik, nonton tv,  nelpon pacar dan berbagai kegiatan lain. Jangan lupa ingat waktu shalat dan waktu beduk buka puasa tiba.

5. Jangan kerja yang berkeringat
Jangan kerja yang bikin berkeringat misalnya ngarit, nebang pohon, nyangkul, dan sejenisnya. karena saat tubuh berkeringat, cairan tubuh ikut keluar, makanya minum...*plak (Hey! jangan iklan!) #ahem# maksudnya, klo abis kerja yang begitu biasanya haus. Tapi, kalau ngerasa kuat ya gak masalah sih..

6. Minum air hangat
Nah, yang satu ini blm pernah saya coba. kata temen saya sih, "biar kuat puasa, minum air anget abis sahur, sebelum imsak. 1/4 air biasa 3/4 air panas." gitu katanya, dicoba ya ntar hasilnya kasi tau.
 
Mungkin hanya itu saja yang bisa saya berikan untuk anda. Kalu ada yang mau menambahkan silahkan saja posting di kotak komentar di bawah. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang melaksanakannya. Semoga amal puasa kita diterima dan diberi limpahan berkah, amin.

Side Note : Puasa bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tapi juga menahan nafsu, amarah, perbuatan tak baik, dan sejenisnya. kalau hanya menahan lapar dan haus banyak orang yang bisa melakukannya, tapi menahan nafsu hanya sedikit yang mampu.

Menyambut Ramadan, saya mohon maaf lahir batin untuk posting dan balasan komentar yang tidak berkenan...
Semoga kita dapat melewati Ramadan dengan hati yang bersih, sehat fisik maupun batin..
Semoga kita dijauhi dari perbuatan, ucapan, dan pikiran yang dapat mengurangi nilai ibadah kita..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya ya..