-->

Kamis, 15 November 2012

Mana yang Lebih Sehat, Ayam Kampung atau Ayam Broiler?

Ayam Kampung

 Pernah berdebat tentang mana yang lebih baik antara ayam kampung dan ayam potong? kalau saya pernah..
Jawabannya ayam kampung lebih baik daripada ayam broiler. untuk keterangan yang lebih lengkap silahkan baca artikel ini.



"Ayam kampung struktur dagingnya itu berwarna gelap atau merah, itu karena mengandung hemoglobin yang tinggi," ujar Prof Ahmad Sulaeman, ahli pangan dari IPB dalam acara Jelajah Gizi Sarihusada di Yogyakarta, dan ditulis.

Prof Ahmad menjelaskan kandungan hemoglobin ini menunjukkan bahwa ayam kampung mengandung zat besi yang lebih tinghi ketimbang ayam broiler. Serta ayam kampung ini lebih bebas antibiotik, kandungan mineral lebih lengkap seperti kalsium,kalium, zinc, fosfor yang membuatnya makin lebih sehat dibandingkan dengan ayam broiler.

Ayam Broiler
Selain itu Prof Ahmad juga menyarankan bagi para perempuan agar tidak terlalu sering mengonsumsi ayam broiler karena ayam-ayam ini disuntik hormon yang bisa membuat perempuan nantinya menjadi lebih cepat mengalami menopause.

Apalagi ayam-ayam broiler yang dipelihara cenderung lebih stres. Ini karena sejak kecil paruhnya sudah dipotong agar tidak menjadi kanibal, lalu diberi makan berlebihan yang membuat bebannya lebih berat sehingga kakinya tidak kuat. Jika ayam ini sudah stres terlebih sejak kecil maka kandungan gizinya akan menjadi tidak maksimal.

"Walaupun ayan kampung ini lebih alot dagingnya, tapi komposisi lemaknya lebih bagus dan zat gizinya lebih banyak dibandingkan dengan ayam broiler," ujar Prof Ahmad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya ya..