-->

Jumat, 05 Oktober 2012

Bunga Indah Tapi Mematikan

Karena kecantikan dan keharumannya, bunga telah lama menjadi salah satu simbol cinta. Ketika menjenguk orang sakit banyak yang memberi bunga. Wisuda, ulangtahun, menang kejuaraan, bunga juga seringkali menjadi hadiah. Namun di balik keindahannya, bunga juga bisa membunuh orang seketika.

Tidak semua indah boleh dipetik dan dijadikan hadiah, karena beberapa memiliki racun mematikan. Berikut beberapa bunga cantik nan mematikan:





1. Aconitum
Nama lainnya adalah Monkshod, Wolfsbane, Devil’s helmet (helm setan) atau roket biru. Ini adalah tanaman berbunga yang masuk dalam famili buttercup dan dapat ditemukan terutama di belahan bumi utara. Beberapa spesies telah digunakan untuk membuat ujung panah mematikan, juga telah digunakan dalam banyak kebudayaan dalam berburu dan dalam peperangan.

Ketika mengonsumsi bunga ini, gejala keracunan yang fatal termasuk mual, muntah, dan diare, diikuti dengan rasa terbakar, kesemutan, mati rasa dari wajah, mulut dan perut. Dengan dosis besar, kematian bisa terjadi dengan segera.

2. Atropa belladonna
Dikenal dengan nama Devil’s Berries, Dead Cherries dan Deadly Nightshade, bunga yang merupakan bagian dari famili Solanaceae dan asli Eropa, Afrika Utara dan Asia Barat ini tidak bisa dianggap enteng. Semua bagian tanaman ini beracun.

Anak-anak biasanya tertarik dengan beri karena terlihat menarik dan manis. Namun bila makan beri yang satu ini, gejala keracunan bisa meliputi pupil melebar, penglihatan kabur, kehilangan keseimbangan, sakit kepala, ruam, cadel, kebingungan, halusinasi, dan kejang-kejang. Kematian dapat terjadi jika mengganggu pernapasan.

3. Conium
Bunga beracun milik famili Apiaceae ini dapat ditemukan di Eropa dan Afrika Selatan. Salah satu spesiesnya, Conium maculatum, juga disebut racun hemlock. Bunga ini mengandung alkaloid yang bisa sangat mematikan bagi manusia dan ternak.

Gejala keracunan conium adalah kelumpuhan otot yang menyebabkan kelumpuhan sistem pernapasan. Kondisi ini pada gilirannya dapat mengakibatkan jantung dan otak tidak mendapatkan cukup oksigen.

4. Nerium oleander
Ini adalah tanaman berbunga yang indah tapi sangat mematikan. Anehnya, tanaman ini dapat sering dilihat di halaman sekolah. Semua bagiannya beracun tetapi banyak yang membudidayakan.

Waspadai Oleander berbasis obat atau senyawa yang dijual online karena bunga ini tidak memiliki manfaat. Bahkan, toksisitas bunga ini sangat tinggi. Gejala keracunan meliputi muntah, diare, air liur berlebih, nyeri perut, denyut jantung tidak teratur, mengantuk, tremor, kejang dan koma.

5. Datura
Ada sembilan spesies bunga Datura, distribusi alami tidak diketahui. Sebagian besar dapat ditemukan di Amerika Serikat dan Meksiko. Semua spesies Datura memiliki alkaloid yang cukup mematikan. Bahkan bunga ini telah digunakan selama ratusan tahun sebagai halusinogen dan racun.

Ada tempat di Eropa dan Inda, mana Datura telah digunakan untuk melakukan pembunuhan dan bunuh diri. Di beberapa bagian dunia saat ini, membeli, menjual dan budidaya tanaman Datura dianggap ilegal.

6. Digitalis
Ada sekitar 20 spesies Digitalis dikenal di dunia saat ini dan sebagian besar dari sering disebut sebagai foxgloves. Nama lainnya termasuk Bells Dead Man dan Witches’ Gloves. Dengan nama-nama tersebut, Anda tahu bahwa itu akan berakibat fatal.

Semua bagian dari tanaman ini beracun, tetapi daun batang atas adalah yang paling berbahaya. Satu gigitan dari daun dapat menyebabkan kematian. Gejala keracunan termasuk mual, muntah, diare, halusinasi liar, sakit kepala parah, tremor, kejang-kejang dan gangguan fungsi jantung.

7. Lily of the Valley (Lili lembah)
Ini merupakan salah satu tanaman hutan paling indah, terutama dapat ditemukan di daerah beriklim dingin di belahan bumi utara. Meskipun sangat beracun, lili lembah juga dikenal untuk penggunaan herbal yang dipercaya untuk membantu menguatkan memori.

Namun sebenarnya semua bagian dari tanaman ini sangat beracun. Tanaman ini memiliki jumlah glikosida yang mengganggu fungsi jantung.

8. Opium
Sumber dari heroin adalah tanaman yang sama yang tumbuh seperti bunga yang indah ini. Juga disebut opium poppy, tanaman ini mengandung morfin. Alkaloid ini diproses untuk membuat heroin. Tanaman ini telah dibudidayakan dan digunakan selama ribuan tahun.

Bentuk narkobanya dapat memperlambat kematian tetapi lateks dari tanaman itu sendiri dapat menyebabkan runtuhnya jantung dan paru-paru. Hal ini juga dapat menyebabkan koma. Sayangnya masih ada saja di dunia, di mana opium digunakan setiap hari untuk 'menyembuhkan' sulit tidur dan mengobati diare.

9. Brugmansia
Genus ini berisi 7 spesies tanaman berbunga dan dapat ditemukan terutama di sepanjang Andes di Amerika Selatan. Bunga ini terkait dengan Datura dan juga disebut Angel’s Trumpets (terompet malaikat).

Ketika dikonsumsi, bunga-bunga gantung ini dapat menyebabkan gejala nyeri baik bagi manusia dan ternak. Reaksi termasuk pupil dilatasi atau ukuran pupil tidak sama. Karena sangat beracun, beberapa negara tidak mengizinkan pembelian, penjualan dan budidaya tanaman Brugmansia.

10. Pokeweed
Begitu indah tapi begitu mematikan. Tanaman bunga ini mungkin bagian yang paling beracun tetapi masih dapat melakukan beberapa kerusakan. Bila tertelan, korban akan menderita muntah-muntah atau muntah. Gejala kemudian akan berkembang menjadi keringat, kejang, tremor, diare, muntah darah dan reaksi ekstrem termasuk kelemahan, memperlambat pernapasan, pusing, koma, dan kematian.

Klik show untuk melihat gambar bunga

Aconitum

Atropa belladonna

Conium

Nerium oleander

Datura

Digitalis

Lily of the Valley (Lili lembah)

Opium

Brugmansia

Pokeweed